TIPS MEMBEDAKAN MADU ASLI | Madu Murni | Toko Madu ibnu

Share on :
TIPS MEMBEDAKAN MADU ASLI
Belilah madu langsung dari peternakan lebah pada saat panen madu.
Jika tidak mengetahui tempat peternakan lebah belilah madu asli kepada peternak lebah yang terpercaya (diakui secara nasional keberadaannya).
Madu asli mempunyai aroma, warna dan rasa yang khas tergantung jenis nektar yang dihisap lebah.
Tuang madu ke segelas air, madu asli langsung mengendap dan tidak bercampur dengan air, jadi air tetep jernih.
Madu asli bersifat menyerap air, jika madu dibiarkan terbuka pada tempat dengan kelembaban udara tinggi maka madu akan bertambah encer.
Madu asli jika dituangkan ke dalam air hangat tidak akan pecah atau air akan tetap jernih sebelum diaduk. Bagi madu yang sudah dicampur akan lebih cepat membuat keruh.
Usahakan saat membeli mengetahui jenis nektar madu tersebut. Karena tiap nektar mempunyai sifat dan karakter fisik yang khas. Misalkan madu Kapuk dan Kaliandra, madu Kapuk tidak akan mengkristal walaupun disimpan lama di kulkas, sedangkan madu Kaliandra akan cepat mengkristal seperti gula. Jadi jika membeli madu Kapuk tapi madu tersebut mengkristal bisa dipastikan madu itu palsu atau dicampur.
Belilah madu asli di tempat yang dipercaya, seperti di peternakan lebah. Jika tidak mengetahui dimana membeli madu yang asli setidaknnya bisa dilihat dengan membandingkan harganya.
Kandungan madu yang tidak bisa dipalsukan adalah adanya kandungan Enzim Diastase. Kandungan diatase inilah salah satu yang digunakan acuan SNI untuk menentukan madu itu asli atau tidak. Karena enzim ini hanya bisa dihasilkan dari kelenjar ludah lebah.
Tips di atas tidak membuktikan 100% benar karena yang membedakan madu asli dan palsu hanya dapat dibuktikan dengan uji laboratorium.
Lebih aman belilah madu ke peternak lebah yang telah mempunyai standar madu dari SNI sebagaimana yang terlihat pada tabel.
Artikel lainnya Toko Madu ibnu:

0 komentar on TIPS MEMBEDAKAN MADU ASLI | Madu Murni | Toko Madu ibnu :

Post a Comment and Don't Spam!

 

animasi bola